Rabu, 18 Mei 2011

Techno - Telecommunication

Wi-Fi, Solusi Tepat Broadband untuk Indonesia?


Diskusi perkembangan ICT dan industri kreatif di kantor Seputar Indonesia (foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Mengingat masih lambannya layanan 3G, serta masih barunya penerapan teknologi 4G di Indonesia, Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) menganggap bahwa Wi-Fi merupakan solusi alternatif yang tepat.

"Dari semua hambatan tersebut, menurut saya Wi-Fi merupakan solusi broadband yang tepat untuk Indonesia," ujar Sumitro Roestam, Executive Chairman, Mastel, di sela-sela diskusi Perkembangan ICT dan Industri Kreatif di kantor redaksi Seputar Indonesia, Kamis (12/5/2011).

Sumitro Roestam menunjuk India sebagai salah satu negara yang sukses menerapkan Wi-Fi sebagai solusi broadband. "India saja sudah memasang 45 ribu Acces Point (AP) / hot-spot di negaranya. Hot spot di Indonesia saya rasa harus lebih diperbanyak," ungkap Sumitro.

"Padahal Broadband Wireless Access sudah ada sejak tiga tahun yang lalu, tender-nya sudah ada dan dimenangkan oleh PT Telkom. Namun penerapannya sangat lamban," tambahnya.

Ketika ditanya, mana yang lebih menguntungkan, 4G atau Wi-Max, Sumitro menjawab tetap Wi-Fi adalah solusi terbaik untuk Indonesia.

"WiMax sendiri adalah bagian dari teknologi 4G di Indonesia. Sementara WiMax yang dipakai di Indonesia saat ini, 16.d, dinilai oleh sebagian kalangan sudah usang," jelas Sumitro, seraya menambahkan bahwa WiMax 16.d tidak laku di pasaran.

Sumber:

Ahmad Taufiqurrakhman - Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar